news.detik

Guru Sertifikasi?


www.transbogor.co

DUMAI_Program sertifikasi guru dari mulai tingkat SD sampai SMA akan terus  digalakkan oleh Pemerintahan Kota Dumai melalui Dinas Pendidikan, Sebab mempunyai ekspektasi besar terhadap kemajuan dunia pendidikan di tanah air. (DumaiPos/24/02/2016)

Proses mengajar yang diterapkan oleh pendidik, akan berdampak pada peserta didik. Cara mengajar, bagaimana memperlakukan peserta didik tanpa harus pilih kasih. Mungkin ada sebagian Pendidik yang mengekesampingkan peserta didiknya yang memiliki tingkat kecerdasan dibawah rata-rata, karena merasa malas harus mengulang-ulang pelajaran yang sudah lewat. Khawatir peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata akan ketinggalan ilmu maupun informasi dengan alasan sangat disayangkan jika yang memiliki peserta didik seperti itu di sia-siakan kecerdasan atau bertele-tele dalam memberikan pengetahuan karena ada peserta didik yang dibawah rata-rata.

untuk itu diharapkan Guru dapat lebih profesional dan lebih fokus dalam proses transformasi pengetahuan kepada peserta didik sehingga nantinya dapat menghasilkan output yang berkualitas juga.
Profesional dalam mengajar, karena mengajar akan membentuk aspek kognitif peserta didik. Sangat diperlukan media pembelajaran yang bagus untuk menunjang aspek tersebut. Terlebih lagi bagaimana cara pendidik menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik, apakah hanya dengan mencatat dari awal jam pelajaran sampai akhir jam atau memberikan tugas kemudian pendidik bebas berkeliaran kemana saja tanpa memperhatikan peserta didik.

Dia (Kepala Dinas Pendidikan) menghimbau keseluruhan guru agar memberikan kualitas mengajar yang maksimal, jangan sampai guru bermalas-malasan.
Bermalas-malasan, saat peserta didik melihat pendidiknya bermalas-malasan maka yang ada dipikiran peserta didik hanyalah “Guru bagaiman itu”. Seharusnya mampu menjadi suritauladan akan tetapi malah memberikan contoh yang buruk. Pembentukan karakter peserta didik menjadi yang lebih baik, butuh pendidik yang memiliki kepribadian baik pula. Jangan hanya sekedar memberikan tugas dari A sampai Z kemudian mengatakan bahwa tugas saya sudah selesai. Tidak sampai disitu, karena pembentukan karakter lebih dominan yang mana dalam satu kelas terdapat berbagaimacam karakter. Semoga pendidik di Kota Dumai tidak mendapatkan label Guru Sertifikasi, jadilah orang yang bisa ditiru, jadilah pembimbing yang arif, senang berbagi ilmu dan tidak lupa akan tanggung jawab sebagai pendidik.

0 Response to "Guru Sertifikasi?"

Post a Comment

VIVA.co.id