news.detik

Pengikut Gafatar Dari Kota Dumai

Pengikut Gafatar Dari Kota Dumai

Dari 50 orang eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang dibawa pulang ke Provinsi Riau, ternyata 2 orang merupakan warga Kota Dumai. Dua orang itu, Effendi (25) dan Pipit Indriani (21). Keduanya saat ini mendapatkan pembinaan selama sebulan di Kota Pekanbaru. (GoRiau)


Kedua warga tersebut bertempat tinggal di Kelurahan Gurun Panjang, Kecamatan Bukit Kapur. Pergi meninggalkan rumah tiga bulan yang lalu.

Dinas Sosial Kota Dumai, masih dikatakan Adnan, telah berkoordinasi dengan kepolisian dan instansi pemerintah, untuk menelusuri data dan keluarga yang ditinggalkan.

Dinas sosial harus bertindak cepat, agar mereka eks Gafatar tidak larut dalam kemaluan atas tidakannya. Jangan sampai terjadi intimidasi, karena mereka masih tetap menjadi warga kota Dumai. Hukum yang berat yang dihadapi adalah pengucilan dari masyarakat, selain dinas Sosial juga berbagai tokoh mulai dari Tokoh agama RT, RW dan tokoh masyarakat setempat juga harus turut dalam memberikan arahan terhadap warganya.

Karena kedatangan mereka tidak untuk membuat kegundahan masyarakat setempat, apalagi membawa konflik. Mereka kembali sadar akan kesalahan yang telah di perbuat, saat bergabung dengan Gafatar banyak kemungkinan yang tidak dapat mereka jelaskan secara menyeluruh kepada kita.

Pembinaan dan membimbing secara langsung, jika perlu melakukan pemantauan selama beberapa hari untuk menjaga keselamatan mereka. Ditakutkan adanya cekcok atau pertikaian yang terjadi, jika ini terjadi dilingkungan keluarga mereka sendiri juga tidak harus dibiarkan begitu saja. Karena perubahan sikap eks Gafatar bisa terjadi saat keluarga sendiri merasa terganggu dengan kembalinya, menyimpan rasa malu sebagai anggota keluarga karena ada yang ikut sebagai anggota Gafatar.

"Mereka memang sudah sangat dinantikan oleh keluarga. Untuk itu, jadikan ini pelajaran. Agar kedepannya, tidak satu pun dari keluarga kita terjerumus ke hal-hal yang tidak baik."

0 Response to "Pengikut Gafatar Dari Kota Dumai"

Post a Comment

VIVA.co.id