news.detik

Penyekapan Imigran Asal Bangladesh dan Iran di Dumai

http://www.goriau.com/assets/imgbank/19022016/83c2ef9d0525ab5fa9e1f9pnt-45144.jpg
Sumber Gambar Dan Berita



Kepolisian Resor (Polres) Dumai, Provinsi Riau memeriksa dua orang warga Dumai, yang ditenggarai berperan memberikan fasilitas tempat tinggal bagi 74 orang warga negara asing asal Bangladesh dan Iran.

Imigran Asal Bangladesh dan Ira
Bagaimana dengan komunikasi mereka?
Apakah ada yang bertugas sebagai translate?
Atau sebenarnya mereka, sudah lama berada di Dumai tetapi baru ketahuan?
Atau mereka berinteraksi dengan menggunaka komunikasi non verbal?
Yang terpenting sekarang adalah bagaiman nasib WNA tersebut, apakah mereka akan di pulangkan kembali ke Negara masing-masing. Sebenarnya apa yang mereka cari, mungkinkah dijanjikan kerja di Kota Dumai, dijanjikan mendapatkan penghasilan yang mewah.

Padahal banyak warga negara indonesia yang bekerja keluar negeri untuk memperbaiki kehidupan ekonomi keluarga, tetapi kali ini banyak WNA yang datang ke Indonesia khususnya Kota Dumai tanpa tahu apa yang mereka cari. Apakah mereka akan mengikuti turnamen sepakbola yang ada di indonesia, di karenakan WNA maka pencarian bakat sangat mudah diseleksi.

Berdasarkan hasil introgasi, WNA itu ditempatkan di rumah Su dan Sg secara bertahap. Ada yang sudah tinggal di sana selama satu bulan, bahkan ada yang baru hitungan hari. "Ada uang sewa juga, sebesar Rp700 ribu/rumah. Mereka menyediakan dua rumah. Uang makan dipatok Rp300 ribu," bebernya.

Ternyata sudah sekitar satu bulan dan hitungan hari, berarti kedatangan mereka bisa dikatakan tidak diketahui dan lolos dari pemantauan pemerintahan daerah. Terus apa yang mereka kerjakan selama satu bulan, apakah tidak ada laporan dari warga setempat terkait dengan kedatangan WNA ini di lingkungan mereka? Seharusnya sebagai warga bisa bekerja sama dengan aparat daerah setidaknya kepada ketua RT agar tidak terjadi keresahan.

Bisa saja dengan kedatangan mereka terjadi konflik, seperti ada warga yang iseng atau sengaja ingin memeras WNA karena beranggapan mereka memiliki banyak uang hingga sampai ke kota ini. Untuk menghindari terjadinya kejadian tersebut, maka setiap warga yang ada di Kota Dumai sebisa mungkin melaporkan jika ada kejadian yang mencurigakan.




0 Response to "Penyekapan Imigran Asal Bangladesh dan Iran di Dumai"

Post a Comment

VIVA.co.id