news.detik

Saluran Drainase Kota Dumai Tersumbat Lumpur dan sampah



Saluran Drainase Kota Dumai Tersumbat Lumpur dan sampah 
 
Sampah, Kebersihan, Kota Dumai, Saluran Drainase, Dumai Bersih
(dumaipos.co/February 26, 2016)


Selain banyak tak berfungsi, kondisi Saluran Drainase Kota Dumai ternyata banyak yang tersumbat juga. Ini akibat padatnya Lumpur dan sampah disaluran tersebut faktor jarang dibersihkan. didepan Jalan Nangka, Jeruk, Jalan Sultan Syarif Kasim tepat nya dipasar Senggol, dan beberapa titik lainnya.

Kondisi tersebut,sudah semestinya menjadi pemerintah Kota melalui Dinas Pekerjaan Umum ragar utin melakukan pembersihan atau penggerukan dikawasan Jalan Protokol atau Umum. Jangan sampai endapan lumpur dan sampah dibiarkan begitu saja.

Selain tanggapan pemerintah dinilai lambat, kesadaran masyarakat tidak membuang sampah dalam saluran drainase juga kurang. Untuk itu dibutuhkan pula peran serta masyarakat sekitar agar selalu menjaga kebersihan tempat tinggalnya dengan tidak membuang sampah. Jika tidak, dampak yang dirasakan nantinya akan berimbas kekita juga.(dev) (dumaipos.co/February 26, 2016)

Lumpur dan Sampah merupakan penyakit yang selalu ada di setiap Kota di Indonesia, bukan suatu hal yang baru terjadi. Kepedulian terhadap lingkungan yang kurang dari warga sekitar, juga kurang adanya tindakan dari pemerintahan kota Dumai. Padahal kebersihan sangat penting bagi kesehatan, jika terjadi hujan yang sangat lebat saja sudah menjadi genangan air yang kotor bercampur sampah mengakibatkan berubahnya ekosistem perairan biologis. Penguraian sampah yang dibuang ke dalam air akan menghasilkan asam organik dan gas-cair organik dan menimbulkan bau yang tidak enak.

Dimana letak “Dumai Bersih” yang menjadi moto Kota Dumai?
Mungkin peraturan ada untuk dilanggar, moto hanya sebagai wadah penunjang datangnya pengunjung? Jangan terlalu berharap kepada pemerintah, mulailah dari diri sendiri. Betapa berharganya kebersihan dalam hidup. Bau yang tidak enak hampir mengeliligi kota Dumai dikarenakan sampah bertumpukan di saluran Drainase Kota Dumai. Jangan menganggap sepele adanya sampah, jika terkena penyakit yang berawal dari sampah barulah berduyun-duyun untuk membersihkan. 

Sampah satu atau dua mungkin tidak berarti apa-apaa, akan tetapi lama-lama jika sampai menumpuk akan menjadi wabah, masalah. Semoga pemerintahan Kota Dumai lebih peka dan menganggap ini merupakan hal yang serius untuk ditanggulangi. Agar kota Dumai benar-benar menjadi bersih.

0 Response to "Saluran Drainase Kota Dumai Tersumbat Lumpur dan sampah"

Post a Comment

VIVA.co.id